Pembelajaran Batik Tulis di Rumah Tanah Liat Citra kepada Siswa siswi Sekolah

PEMBELAJARAN MEMBATIK PADA SISWA

 

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan untuk mencapai tiga ranah dalam pembelajaran, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut diterapkan pada pembelajaran keterampilan yang disediakan di sekolah.

Keterampilan merupakan bekal kecakapan hidup mandiri sebagai pribadi dan anggota masyarakat. siswa adalah merupakan wadah masa depan. Hal ini merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan seseorang selanjutnya, karena pada masa itu seseorang dituntut dapat merasakan pengalaman yang sebelumnya belum pernah ia dapatkan. Melalui tuntutan tersebut siswa akan dapat mengembangkan kreativitas yang tadinya terpendam dan dimunculkan menjadi suatu ide atau gagasan yang menarik. Selain itu pada masa ini siswa dituntut agar menjadi pribadi yang mulai produktif demi keberhasilannya jika telah terjun di masyarakat. Pada masa tersebut pula anak akan banyak mengalami suatu proses bertarung antara keberhasilan dan kegagalan dan hal tersebut mempengaruhi emosi siswa. Sangat diperlukan bimbingan dan motivasi dari orang lain agar siswa tidak terjerumus kepada jalan yang salah. Seperti pembelajaran yang kurang tepat dan cocok bagi siswa justru akan dapat menekan siswa dalam belajar, bahkan bisa menjadi fatal seperti siswa terjerumus ke pergaulan bebas, tawuran, dan sebagainya.

Melalui pembelajaran membatik pada siswa ini diharapkan guru dapat mengalihkan perhatian siswa dari emosi yang tidak baik menjadi manfaat. Selain dapat mengembangkan ranah kognitif anak juga dapat mengembangkan ranah afektif dan psikomotorik di dalam kegiatan pembelajarannya.

Pembelajaran batik tulis ini dapat membuat peserta didik menjadi individu yang terampil dalam kecakapan kerja di bidang perindustrian khususnya dibidang membatik tulis. Sesuai dengan kurikulum yang berlangsung, pembelajaran membatik masuk menjadi materi formal yang ada di sekolah. Pembelajaran ini sudah lama berlangsung bahkan sejak KTSP dijalankan selama proses pembelajaran.

Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yaitu agar anak memiliki multi kecerdasan, Hal tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.

pembelajaran membuat batik tulis di Rumah Tanah Liat Citra
pembelajaran membuat batik tulis di Rumah Tanah Liat Citra

FUNGSI BELAJAR MEMBATIK

Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan.

Bentuk pembelajaran yang mengacu kepada tujuan pembelajaran seni budaya yaitu melaksanakan praktek, Salah satunya yaitu Seperti praktek membatik. Ini merupakan kegiatan untuk menjelaskan kepada siswa bahwa mereka harus dapat memahami arti pentingnya seni budaya, dapat mengapresiasikan, berkreativitas dan berperan aktif dalam melestarikan seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Contoh membatik di sekolah

 MANFAAT BELAJAR MEMBATIK

Pada pembelajaran membatik siswa dapat mengetahui nilai-nilai budaya yang diwariskan kepada mereka sebagai generasi bangsa. Disamping itu membatik dapat membentuk karakter siswa menjadi bertanggung jawab, disiplin, teliti, harmonis, fokus, sabar, tekun dan mengetahui keindahan. Banyak lagi manfaat pembelajaran membatik seperti siswa dapat keterampilan untuk berwirausaha, melalui hasil-hasil karya batik tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *