Tanah Liat Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak

Kreatif

Kreatif merupakan aset yang sangat berharga bagi anak, karena ketika dewasa nanti orang yang kreatiflah yang membuatnya berbeda dengan orang – orang disekitarnya, karena orang yang kreatif menggabungkan antara kecerdasan dengan imajinasi dalam memecahkan masalah, akibatnya semakin kreatif orang tersebut maka juga akan semakin tinggi nilai orang tersebut.

Karena dengan kreatif kita dapat menciptakan solusi - solusi yang tidak terbayangkan oleh orang lain.

Pada dasarnya setiap anak sudah memiliki kemampuan untuk menjadi kreatif sejak kecil, tetapi sayangnya bila tidak dipergunakan dan dikembangkan maka perlahan – lahan insting kreatif itupun akan menjadi tumpul, sehingga orang tua harus tetap memberikan rangsangan – rangsangan, agar anak dapat tumbuh menjadi orang yang kreatif hingga dewasa.

Salah satu caranya, dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang membutuhkan kreativitas (aktifitas yang menuntut untuk kreatif). Pastikan kegiatan tersebut menyenangkan, mengajak anak untuk berimajinasi dan yang pastinya tidak membosankan, berikut beberapa kegiatan yang dapat merangsang dan mengembangkan kreativitas anak.

MENJADI PROFESI

when-i-grow-up

Ajak lah anak anda untuk memainkan profesi – profesi, seperti arsitek, dokter, insinyur, pemadam kebarakan, dsb. Sesuai dengan keinginan anak, karena hal itu akan memicu anak untuk mencari tau lebih banyak seputar profesi – profesi yang mereka minati, ajak juga anak untuk bermain melakukan aktifitas – aktifitas yang dilakukan profesinya, hal itu membuat anak berimajinasi dan menrealisasikan profesi tersebut melalui versinya sendiri.
Karena tingkat imajinasi anak dan orang dewasa berbeda, mungkin anda akan melihat hal – hal yang tidak terduga dalam menrealisasikan profesi tersebut.

MEMBUAT HANDICRAFT

Kreasi Tanah Liat

Membuat Handicrafts (kerajinan tangan) merupakan salah satu aktifitas alternatif dalam mengembangkan kreativitas untuk anak yang menyenangkan, karena anak akan segera hanyut (berkonsentrasi) dalam mengerjakannya, saat ini ada banyak sekali aktifitas handicrafts yang sangat menarik, seperti membentuk tanah liat, membuat bangunan dari lego atau stik eskrim, menyusun manik – manik menjadi gelang atau membuat suatu obyek dari benda – benda yang sudah tidak terpakai.

Membuat handicrafts merupakan salah satu kegiatan yang sangat bagus untuk anak anda, karena tidak hanya imajinasi anak yang berperan ketika membentuk tanah liat, tetapi juga skill motorik (kemampuan dalam menggerakkan anggota badan), fungsi kognitif (kemampuan berfikir), trouble solving (memecahkan masalah) dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel kami, manfaat – manfaat dalam membentuk tanah liat dan apa itu fungsi kognitif.

MEMBACAKAN DONGENG

dongeng-140304

Mungkin hal ini terdengar sepele, tetapi membacakan dongeng sebelum tidur memiliki banyak sekali manfaatnya untuk anak anda, membacakan dongeng akan mengakrabkan hubungan emosial antara anda dengan anak, karena hampir semua anak menyukai dongeng, ketika bercerita cobalah menggunakan intonasi (nada suara) yang berbeda untuk setiap karakter dan sesuaikan ekspresikan wajah anda dengan kejadian, karena hal itu akan merangsang pola pikir anak dalam mengimajinasikan jalan ceritanya. Selain itu sampaikanlah pesan – pesan dan moral yang terkandung didalam cerita, karena hal tersebut akan membuat anak mengetahui makna dalam cerita tersebut.

Sebenarnya masih ada banyak sekali kegiatan – kegiatan untuk mengembangkan kreativitas anak, dan artikel ini hanya membahas beberapa diantaranya, apapun itu kegiatannya pastikan menyenangkan dan tidak membosankan, jadi buatlah anak seperti bermain, karena anak – anak sangat suka bermain dan lebih mudah menerima pelajaran sambil bermain.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda, Terima Kasih. 🙂

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *