5 Tempat Nyaman untuk Berkarya

Dalam kehidupannya, manusia tidak bisa terlepas dari karya. Berkarya merupakan aktivitas yang menghasilkan sesuatu dalam berbagai wujud. Dalam kamus bahasa Indonesia, berkarya bisa diartikan sebagai hasil pekerjaan, buatan atau ciptaan. Karya tidak selalu berhubungan dengan nilai atau harga yang mahal, sebab karya bisa merupakan hasil dari proses bermain, belajar dan bekerja. Nah bagaimana caranya agar kita bisa membuat karya dengan pengerjaan yang terfokus? Tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting yang bisa mendukung konsentrasi dalam membuat karya. Bentuk karya apapun itu sudah pasti membutuhkan tempat nyaman dalam membuatnya. 

Dimana sajakah itu? 

1. Ruang Kerja atau Ruang Belajar

Di dalam rumah, ruang kerja atau ruang belajar di rumah bisa menjadi tempat yang paling tenang dan nyaman dibandingkan ruangan lainnya. Di ruangan tersebut sudah tentu banyak terdapat peralatan dan benda-benda yang dapat mendukung dalam belajar atau bekerja. Jika ingin membuat karya tertentu, ruang kerja atau ruang belajar sudah terjamin kenyamanannya. Terutama bila anda sedang menghadapi deadline untuk menyelesaikannya. 

2. Alam Terbuka 

Menikmati udara segar dan angin yang berhembus bisa menjadi sensasi tersendiri terutama ketika sedang membuat sebuah karya. Alam terbuka adalah tempat yang baik untuk menjernihkan pikiran. Dengan pikiran yang jernih maka akan lebih mudah memunculkan imajinasi dan kreativitas dalam membuat karya. Oleh karena itu banyak seniman yang memilih alam terbuka sebagai tempat nyaman untuk membuat karyanya.  

3. Studio atau Galeri

Studio atau galeri menjadi salah satu tempat ternyaman untuk berkreasi dan berkarya. Sebab di tempat itulah hasil karya ditampilkan. Misalnya studio foto hanya berisi peralatan untuk fotografi serta hasil-hasil foto atau galeri seni yang hanya memajang benda-benda bernilai seni. Seorang pembuat karya akan lebih merasa nyaman dan mudah berkonsentrasi jika ia menyatu atau dikelilingi oleh koleksi hasil karya yang telah dipajang. Berbagai dekorasi dan benda-benda yang dipajang dalam studio atau galeri akan memberikan energi tersendiri bagi si pembuat karya. Seorang pembatik akan merasa lebih nyaman jika membatik di tengah hasil karya batik. 

4. Sekolah 

Membuat karya, jika dilakukan secara bersama-sama akan memberikan semangat dan kesan tersendiri. Sekolah bisa menjadi tempat yang nyaman untuk membuat karya karena sudah pasti dilakukan secara bersama-sama dengan teman. Terlepas dari karya tersebut merupakan tugas sekolah yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. 

5. Ruangan Semi-Outdoor 

Ruangan semi outdoor adalah ruangan yang berada di tengah alam bebas. Ruangan ini tidak tertutup sehingga siapapun yang ada didalamnya akan merasakan suasana alam bebas. Membuat karya di ruangan semi outdoor akan memberikan kenyamanan dan fokus tersendiri. Bahkan alam bebas dengan kesegarannya seringkali memberikan inspirasi bagi pembuatan karya. 

Semoga kelima tempat nyaman untuk berkarya ini bisa menjadi inspirasi untuk terus berkarya. Karena merdeka berkarya akan sanggup membawa kita menembus cakrawala dunia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Whatsapp