Apa Itu Fungsi Kognitif

Apa Itu Fungsi Kognitif ?

Belajar merupakan secara fokus merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan fungsi kognitif
Belajar merupakan secara fokus merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan fungsi kognitif

Fungsi kognitif disebut juga dengan “kemampuan kognitif” merupakan kemampuan dasar otak manusia dalam mengolah dan mengelola pikiran mereka, yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam aktifitas sehari-hari, kemampuan kogntif juga mengarah pada kegiatan-kegiatan otak dalam pencarian/ penambahan ilmu pengetahuan, termasuk semua proses yang diperlukan untuk memperoleh informasi demi menambah ilmu pengetahuan.

Tetapi kemampuan kognitif itu sendiri lebih berkaitan dengan mekanisme bagaimana kita belajar, mengingat, memecahkan masalah dan memberikan perhatian.

Seperti penalaran, memori/ daya ingat, perhatian dan bahasa, yang tentu saja sangat diperlukan untuk mengembangkan fungsi kognitif.

Orang – orang yang sehat biasanya memiliki otak yang mampu mempelajari hal – hal/ keterampilan – keterampilan baru. Terutama pada anak usia dini, masa ini adalah masa perkembangan personal seseorang dan pemikirannya tentan dunia, berkembang dengan sangat pesat.

Namun, bila kemampuan kognitif tersambung dengan beberapa faktor – faktor dari dalam, seperti mood, emosi dan kesehatan fisik, faktor – faktor tersebut dapat mempengaruhi fungsi kognitif, dapat meningkatkan maupun mengurangi kemampuan kognitif tergantung dengan keadaannya.
Usia dan penyakit, merupakan faktor utama yang membuat menurunnya kemampuan kognitif, dan akan menyebabkan beberapa masalah seperti menurunnya daya ingat yang akan membuat kita cepat lupa/ pikun, dan kesulitan dalam mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis.
tetapi sebagai catatan kemampuan kognitif juga bisa ditingkatkan bila kita terus menggunakannya secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Whatsapp