Ide Kreatif Aktivitas Anak di Masa Pandemi

Kondisi masih merebaknya pandemi saat ini, membuat para orang tua dituntut untuk bisa menumbuhkan energi positif dalam keluarga saat berada di dalam rumah. Termasuk dalam menemani anak-anak yang masih menjalankan aktivitas sekolah dari rumah. Banyaknya tugas dari sekolah selama belajar daring, juga harus diimbangi dengan aktivitas di rumah yang bermanfaat, sehingga anak tidak hanya bermain untuk mengikuti kesenangan mereka saja.  Untuk itu orang tua perlu mencari ide kreatif untuk aktivitas anak di rumah. 

Psikolog Dr. Seto Mulyadi mengatakan, orang tua bisa mengajarkan kepada anak untuk selalu bergerak, memiliki emosi cerdas, makan dan minum sehat, beribadat di rumah, istirahat, bisa hidup rukun dan aktif berkarya. Bermain gadget, bermain layang-layang, bermain sepeda mengitari lingkungan rumah menjadi kegiatan yang sedang digemari anak-anak untuk mengisi waktu luang selain belajar daring di rumah. Namun jika dilakukan terlalu sering apalagi tanpa arahan dari orang tua, akan berdampak negatif dan kurang memberikan manfaat bagi perkembangan kreativitas mereka. “Ajak anak untuk tetap aktif berkarya misalnya melukis, menggambar, memasak atau melakukan kegiatan yang memancing kreativitas,” kata Kak Seto.

kreativitas anak dengan bahan tanah liat

Citra Alam dan Rumah Tanah Liat Citra menyelenggarakan program yang dapat memfasilitasi ide kreatif para orang tua untuk mengisi aktivitas anak-anak di rumah. Program tersebut berupa kelas prakarya atau membuat kerajinan/keterampilan tangan yang dapat berlangsung secara : 

1. Online melalui streaming aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. 

Dalam pelaksanaan kelas online ini, peserta dapat mengikuti setiap tahapan pelatihan dari rumah. Dengan menggunakan fasilitas internet yang tersambung pada aplikasi komunikasi video, peserta dapat melihat dan mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Sebelumnya peserta bisa mendaftarkan secara online dan selanjutnya akan menerima bahan dan peralatan membuat prakarya yang dikirimkan ke rumah masing-masing. Pada hari pelaksanaan pelatihan diharapkan peserta tersambung dengan jaringan internet yang stabil agar bisa mengikuti pelatihan online sampai selesai.  

2. Offline dengan datang ke lokasi kegiatan. 

Selain pelatihan online, membuat prakarya juga bisa diikuti di 2 lokasi Citra Alam yaitu Citra Alam Riverside, Bogor, Citra Alam Lakeside, Situ Gintung, Ciputat dan kios Rumah Tanah Liat Citra yang bersebar di sejumlah lokasi di wilayah Jabodetabek. Mengikuti pelatihan secara langsung dengan datang ke lokasi ini juga bisa mengobati kejenuhan selama beraktivitas di rumah. Dengan mematuhi semua peraturan yang berkaitan dengan pencegahan penularan virus, mengikuti pelatihan secara langsung tetap aman dan tentunya sangat menyenangkan. 

Berbagai pelatihan yang dapat diikuti baik secara online maupun offline seperti membuat kerajinan dari tanah liat, melukis diatas kaos, membatik, dan mengolah botol plastik menjadi barang kerajinan. Ada juga pelatihan yang dapat menunjang hobi atau aktivitas di rumah seperti cooking class dan bercocok tanam. Dengan berbagai ide kreatif mengisi waktu beraktivitas di rumah bagi anak melalui ragam pelatihan, dapat membuka wawasan baru sekaligus melatih imajinasi dan kreativitasnya. Hasil karya apapun akan memberikan kebanggaan tersendiri dan kelak akan berguna sebagai bekal untuk masa depan mereka. 

peralatan pelatihan kelas prakarya online
Studio Kelas Prakarya Online

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan prakarya apa saja yang bisa dilakukan secara online, anda bisa mengunjungi website kami :
Kelas Prakarya Online Citra Alam

Atau langsung menghubungi Nomor WhatsApp : 

Rumah Tanah Liat Citra : 0812-80696710 

Citra Alam : 0813-83210355 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Whatsapp