Kreasi Membuat Karya Kreatif Di Rumah Aja

Lebih banyak beraktivitas di rumah aja selama pandemi, bukan berarti tidak bisa berkreasi atau membuat karya. Dengan melakukan kegiatan kreativitas justru akan dapat mengusir kejenuhan. Bahkan disaat kita harus di rumah saja, berkarya bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai tutorial secara online. Salah satunya berkreasi membuat karya dari tanah liat. 

Tanah liat merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk berkreasi dan membuat karya dengan mudah.  Mungkin teman-teman masih ingat dengan slogan “Berani Kotor itu Baik” yang pernah ditayangkan dalam iklan sebuah produk detergen.  Ini bisa diterapkan dalam kreasi tanah liat. Tanpa batasan usia, siapapun dapat membuat kreasi tanah liat. Apalagi bahan tanah liat Citra Clay memiliki tekstur sangat halus dan mudah dibentuk serta aman bagi kulit karena sudah lulus tes laboratorium Sucofindo. 

Tahukah teman-teman, banyak benda bisa dibuat dari tanah liat yang tentunya bisa bermanfaat untuk mempercantik ruangan di rumah atau sebagai wadah merapihkan  barang-barang yang rutin digunakan sehari-hari. Seperti pajangan atau hiasan dinding, vas bunga, tempat pensil, celengan, gantungan kunci, mangkuk, asbak, guci, dll. 

benda-benda kerajinan dari tanah liat

Semua benda-benda kerajinan diatas dapat dibuat dengan mengikuti tutorial secara online loh. Melalui pelatihan online, kamu dan keluarga bisa berkreasi tanah liat di rumah saja sehingga lebih aman dan tidak khawatir akan bertemu banyak orang secara langsung. Pelatihan online dilakukan melalui aplikasi zoom, dengan bahan yang dikirimkan langsung kepada peserta. Sebelum pelaksanaan kegiatan, peserta akan diarahkan untuk menyediakan berbagai peralatan pendukung yang mudah ditemui di rumah. Peralatan tersebut disesuaikan dengan benda apa yang akan dibuat. 

Seperti pada pembuatan tempat pensil dalam pelatihan online perdana, 15 September lalu. Setiap tahapan pembuatannya dipandu kakak instruktur yang profesional dan berjalannya acara dipandu dengan seru oleh kakak host. Untuk membuat tempat pensil dibutuhkan peralatan pendukung yang pastinya mudah didapat, seperti tusuk gigi dan tutup pasta gigi. Bahan tanah liat yang dibutuhkan hanya 1 kilogram saja, dengan menyediakan air secukupnya. Selama pelatihan berlangsung, meja atau tempat membuat karya harus diberi alas plastik. 

Dalam durasi tertentu, peserta akan mengikuti jalannya pelatihan dengan suasana fun. Sambil terfokus pada karya yang sedang dibuat, peserta dapat mendengarkan berbagai informasi atau wawasan dari kakak host, mengenai bahan tanah liat dan benda yang sedang dibuat. Kakak instruktur yang memandu pun menyampaikan setiap tahapan secara mendetail dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa langsung dipraktekkan.  Ada keasyikan dan keseruan tersendiri saat membuat karya dari keramik meski hasilnya tidak sama persis dengan yang diperagakan. 

hasil karya membuat tempat pensil

Setelah karya selesai dibuat, selanjutnya kak instruktur akan menginformasikan cara mengeringkan karya dengan sempurna. Peserta juga diminta untuk berkreasi dengan warna, sebagai sentuhan akhir setelah karya tanah liat kering. Hasil karya yang sudah diwarnai, siap  digunakan sesuai kebutuhan. 

Setelah menggelar kelas prakarya online perdana pada September lalu, Citra Alam bersama Rumah Tanah Liat Citra akan menggelar kelas yang kedua. Nah, akan ada tema menarik pada kelas yang kedua karena berhubungan dengan hari besar nasional di bulan Oktober. 

Mari bermain belajar dan berkarya, tiada hari tanpa berkarya. Semangat terus ya teman-teman!!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Whatsapp